Kamis, 05 November 2015

PROPOSAL KAMPANYE TUGAS KOMUNIKASI MULTIMEDIA

PRPOPSAL KAMPANYE
Langkah Awal Menjadi Juara Sejati Bersama Susu Milo
Dibuat Oleh:
ü Dheti Meiga N. (2013140031)
ü Asti Wahyuni (2013140046)
ü Anisa Galuh S.Y (2013140038)
ü A’launa Hamidah (2013140023)
ü Astrid Handayani (2013140005)
ü Riska Dwi Amelia (2013140036)
ü Triya Hatmiyanti (2013140018)


PROGRAM STUDI ILMU KOMUNIKASI
FAKULTAS ILMU SOSIAL DAN ILMU POLITIK
UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH JAKARTA


BAB I
LATAR BELAKANG
Nestlé Indonesia adalah anak perusahaan Nestlé S.A. yang berpusat di Vevey, Swiss, dan telah beroperasi selama hampir 150 tahun. Sebagai perusahaan gizi, kesehatan dan keafiatan terkemuka di dunia, Nestlé mulai beroperasi di Indonesia tahun 1971. Nestlé Indonesia kini mempekerjakan lebih dari 3.300 karyawan dan mengoperasikan 4 pabrik yaitu Pabrik Kejayan di Jawa Timur untuk mengolah produk susu seperti DANCOW dan BEAR BRAND, Pabrik Panjang di Lampung untuk mengolah kopi instan NESCAFÉ, Pabrik Cikupa di Banten untuk memproduksi produk kembang gula FOX'S, POLO dan CRUNCH, serta Pabrik Karawang di Jawa Barat untuk memproduksi DANCOW, MILO dan CERELAC.
Moto Nestlé "Good Food, Good Life" menggambarkan komitmen Nestlé untuk senantiasa memanfaatkan ilmu pengetahuan dan teknologi untuk menghasilkan produk-produk yang memenuhi kebutuhan dasar manusia, yaitu makanan dan minuman yang berkualitas, bergizi, aman untuk dikonsumsi, serta lezat rasanya.
Milo adalah sebuah merek minuman dengan rasa cokelat dan malt. Minuman ini diproduksi oleh Nestlé, minuman ini sebenarnya berasal dari Australia namun saat ini sudah diproduksi di berbagai negara, termasuk Singapura, Filipina, Selandia Baru, India, Vietnam, Afrika Selatan, Jamaika, Jepang, Cile, Thailand, Malaysia, Indonesia, Nigeria, Kenya, Syria, dan Ghana. Nama Milo berasal dari Milo of Croton, seorang atlet Yunani yang terkenal. Milo dapat ditambahkan pada susu, baik yang panas ataupun dingin, untuk memberikannya rasa coklat yang bermalt dan tekstur yang indah. Ketika dicampur dengan susu dingin, teksturnya yang kasar akan keluar, namun jika dicampurkan dengan susu panas, minuman ini akan terbentuk seperti susu cokelat atau kakao. Gula dapat ditambahkan, namun banyak orang meminumnya tanpa gula, sehingga rasa cokelatnya akan tetap terasa. Hal yang bisa dilakukan lainnya adalah dengan membuat segelas Milo dingin yang kemudian dimasukan kedalam microwave selama 40-60 detik. Sehingga membuat gelas Milo tertutup oleh bubuk yang sedikit mengeras seperti biskuit. Hal lainnya adalah dengan menaburkan serbuk Milo ke atas es krim, terutama es krim vanila. Milo juga dapat ditaburkan di atas sarapan sereal. Ada juga minuman Milo populer yaitu "Milo Ajaib", yaitu dengan menambahkan Milo pada segelas susu dan gula, lalu minuman ini diaduk agar udara yang terkandung dapat bertambah, sehingga bubuknya bertambah banyak. Kemudian ditambahkan sedikit susu panas dan diaduk dengan cepat agar terbentuk lapisan baru yang ringan, dan diulangi berulang-ulang sampai gelas hampir penuh. Di atasnya kemudian ditambahkan krim kocok dengan sedikit bubuk Milo atau cokelat. Kebanyakan minuman ini disajikan 'hangat' daripada 'panas' dan merupakan versi Milo panas yang lebih populer bagi anak-anak.
Milo yang diproduksi di luar Australia metode persiapannya akan berbeda menurut negara. Di Ghana, Malaysia, Singapura dan Indonesia, minuman ini lebih banyak dicampur dengan air panas atau dingin, dengan tambahan "Tambahkan susu dan gula jika diperlukan."
Dalam kampanye ini, kami akan mengadakan perlombaan basket “Langkah Awal Menjadi Juara Sejati”. Kami akan mengunjungi SD dan SMP yang ada di Jakarta untuk mengadakan lomba basket ini bagi siswa dan siswi.



BAB II
ANALISIS TARGET AUDIENS KAMPANYE

2.1    Tujuan
Tujuan dari mengadakan kampanye ini adalah :         
1.      Turut memajukan olahraga basket melalui kegiatan ini
2.      Mengembangkan dan meningkatkan nilai kreatifitas dan inovasi yang bersifat    kompetitif di bidang olahraga bagi generasi muda.
3.      Mengkomunikasikan Brand Image suatu produk.
4.      Sebagai media promosi sebuah produk.
5.      Menciptakan awareness dan image positif terhadap suatu produk.
6.      Meningkatan kesadaran merek.
7.      Meningktan penjualan di Jakarta.

2.2    Target Sasaran
Target utama yang menjadi sasaran dalam kampanye ini adalah :
1.      Siswa SD/SMP
2.      Siswi SD/SMP

2.3   Karakteristik dari target
1.      Usia 10-14 tahun
2.      Jenis kelamin laki-laki dan perempuan
3.      Sedang berpendidikan di Jakarta



BAB III
STRATEGI DAN TAKTIK KAMPANYE

3.1     Strategi
Dalam kampanye ini, strategi utama yang kami gunakan adalah mengunjungi sekolah-sekolah tingkat SD dan SMP di Jakarta dengan mengadakan lomba basket dan bertujuan untuk Mengembangkan dan meningkatkan nilai kreatifitas dan inovasi yang bersifat kompetitif di bidang olahraga bagi generasi muda.
Strategi selanjutnya dalam kampanye ini yaitu media cetak seperti majalah dan tabloid akan kami undang serta akan kami ajak bekerjasama dalam kegiatan ini. Kami akan mengadakan gebrakan iklan  melalui media cetak. Media cetak akan mendokumentasikan serta membuat artikel yang menjelaskan mengenai kegiatan kami saat mengadakan perlombaan ke sekolah-sekolah tingkat SD dan SMP di Jakarta. Selain dalam media cetak, kami juga mengiklankan atau mempromosikan di social media seperti di Twitter, Facebook, dan Instagram.

3.2     Pelaksanaan Program
Tujuan kami adalah untuk mengembangkan dan meningkatkan nilai kreatifitas dan inovasi yang bersifat kompetitif di bidang olahraga bagi generasi muda, kami akan melakukan kampanye tersebut di 2 Sekolah Dasar (SD) dan 2 Sekolah Menengah Pertama (SMP) di daerah Jakarta selama 2 bulan. Dimana akan diadakan pada hari sabtu, dipagi hari.
*      Jakarta Utara
SDN O3 Jakarta Utara
*      Jakarta Barat
SDN 10 Jakarta Barat
*      Jakarta Timur
SMPN 103 Jakarta Timur
*      Jakarta Selatan
SMPN 177 Jakarta Selatan

3.3     Taktik
   Dengan mengadakan perlombaan bola basket yang bertema“Langkah Awal Menjadi Juara Sejati”. Sebelum lomba dimulai kami akan memberikan para siswa susu milo yang telah diseduh agar mereka menjadi lebih bersemangat dalam menjalankan aktifitas.



BAB IV
DEVELOP MARKETING STRATEGIES

4.1       Produk
1.      Core Product
Langkah Awal Menjadi Juara Sejati

2.      Actual Product
Minum susu supaya lebih semangat dalam menjalani aktifitas

3.      Augmented Product (tangible object and services)
·         Tangible Objek : memberikan susu milo siap minum secara gratis
·         Tangible Service : Adanya anggota yang menjual milo paketan (siap minum dan saset) yang sudah kita bungkus dalam tas kecil dengan harga murah

4.2       Promotion
1)      Key Messange
Pesan inti yang ingin kami sampaikan pada target audiens dari kampanye kami adalah bahwa dengan meminum susu milo kita dapat menjalani aktifitas dengan penuh semangat dan konsentrasi

2)      Communication Objective
·         To Know : Target audiens mengetahui seberapa pentingnya minum susu utuk kesehatan tubuh
·         To Do :
ü  Mempengaruhi target audiens
ü  Untuk menyebarkan informasi tentang pentingnya meminum susu
ü  Mengingatkan untuk sesalu membiasakan minum susu setiap pagi sebelum memulai aktifitas
Diharapkan target audiens akan menerima pesan, percaya, dan akhirnya mengubah kebiasaan (lama) yang tidak pernah meminum susu setiap pagi menjadi kebiasaan positif dengan memulai untuk membiasakan diri meminum susu setiap pagi sebelum beraktifitas.


BAB V
BUDGETING ( PERENCANAAN ANGGARAN )

Hasil perhitungan pengeluaran yang harus dikeluarkan dalam kampanye ini adalah sebagai berikut :
No
Kebutuhan
Biaya (Rp)
Jumlah
Total (Rp)
1
Susu Milo siap minum
50.000/box
100 box
5.000.000
2
Susu Milo saset
15.000/renceng
200 renceng
3.000.000
3
Brand Ambassador
10.000.000
4 kali acara
40.000.000
4
Iklan di Tv
7.000.000
6 lokasi
42.000.000
5
Banner ukuran  5x4
250.000
8 buah
2.000.000
6
Air Mineral Panitia  (Botol)
35.000/dus
12 dus
420.000
7
Makan panitia
15.000/box
100 b0x
1.500.000
Total Keseluruhan
93.950.000








Tidak ada komentar:

Posting Komentar